Kamis, 17 Januari 2013

manfaat jagung


Kenali 6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan
 

Jagung memberi manfaat banyak bagi kesehatan, terutama ibu hamil dan bayinya
Menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung saraf saat lahir
jakarta, jaringnews.com - Jagung merupakan bahan makanan yang biasa kita temui dalam sereal. Jagung sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Diantaranya, jagung sangat baik dalam mengontrol diabetes.
Selain itu, jagung juga bermanfaat bagi pencegahan penyakit jantung, menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung saraf saat lahir.
Nah, seperti dilansir Boldsky, Yuk, kita lihat enam manfaat jagung lainnya bagi kesehatan kita:
1. Memperbaiki pencernaan
Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.
2. Kaya mineral
Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.
3. Merawat kulit
Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung  jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.
4. Mencegah anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.
5. Mengontrol kolesterol
Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
6. Penting selama kehamilan.
Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.
Jadi, silahkan konsumsi jagung sebagai makanan Anda. Karena jagung  kaya berbagai vitamin, mineral dan serat yang penting, sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit dan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan untuk hidup sehat.
DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
PT Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar